Pelaksanaan LATSAR CPNS Golongan II Angkatan XXXII Tahun 2021 pada hari kedua di Halaman Gedung Hotel Uncak Lestari, Kedamin, mulai menunjukkan keseruan dari para peserta pada materi Dinamika Kelompok yang dibawakan oleh Widyaiswara Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Didih Abidin. (15/06/2021).

Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain. Dinamika juga berarti adanya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok dengan kelompok secara keseluruhan. Materi Dinamika Kelompok mengajarkan peserta bagaimana menghadapi situasi tertentu dalam suatu kelompok, adaptasi dengan kelompok tertentu apabila ada perubahan dalam suatu struktur pada kelompok dan bagaimana menjalin hubungan dan interaksi antar sesama kelompok, karena dalam suatu kelompok pasti akan ada perbedaan diantara sesama anggota dan harus bisa saling bekerja sama dalam menghadapi masalah dan dapat menyatukan persepsi dari berbagai pola pikir yang berbeda.

Penyampaian Materi Dinamika Kelompok dapat dilakukan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Hal ini dilakukan agar setiap kelompok dapat berkreasi dan berinovasi semaksimal mungkin agar apa yang akan mereka selesaikan dapat tercapai dan terselesaikan dengan baik. (UF)

Leave a comment

Your email address will not be published.