Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti Sosialisasi Program TAPERA dan Bimbingan Teknis Portal Aplikasi SITARA yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA) melalui aplikasi Zoom Meeting (12/07/21).

Kegiatan sosialisasi dan bimtek tersebut dilaksanakan pada hari ini, Senin, 12 Juli 2021 mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai dengan agenda Sosialisasi Program TAPERA dan Bimbingan Teknis Penggunaan Portal SITARA melalui aplikasi Zoom Meeting.

Adapun agenda penting yang disampaikan oleh BP TAPERA yakni terkait dengan pemutakhiran data PNS aktif oleh Pemberi Kerja dan Peserta. Pemutakhiran data tersebut perlu dilakukan mengingat BP TAPERA telah menerima pengalihan dana TAPERUM hasil likuidasi aset eks BAPERTARUM dan telah melakukan perhitungan Saldo PNS Pensiunan/Ahli Waris. Selain itu, BP TAPERA telah melakukan pengecekan data individual PNS Aktif dan menyampaikan seluruh pemerintah daerah untuk melakukan pemutakhiran data kembali untuk mengkonfirmasi data PNS yang belum lengkap sehingga dapat dilakukan proses perhitungan atas saldo individual PNS Aktif sebagai saldo awal peserta TAPERA.

Dari beberapa agenda tersebut, terdapat hal esensial juga yang harus dilakukan setiap peserta TAPERA, yaitu melakukan pemutakhiran data melalui Portal SITARA untuk mengetahui informasi saldo awal bagi peserta TAPERA yang datanya sudah lengkap. Pemutakhiran data tersebut paling lambat dilakukan sampai tanggal 31 Juli 2021. Pemanfaatan dari Layanan TAPERA sendiri yaitu bantuan pembiayaan kepemilikan rumah bagi PNS yang belum memiliki rumah dan tanah atau belum memiliki rumah tapi sudah memiliki tanah dan bantuan pembiayaan renovasi rumah bagi PNS yang sudah memiliki Tanah dan Rumah. (UF).

Leave a comment

Your email address will not be published.