Survei Maturitas SPIP, BKPSDM Kapuas Hulu Menunjukkan Hasil yang Signifikan

Jajaran Pejabat Eselon III, Eselon IV dan beberapa staf Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan pengisian kuesioner Survei Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk memantau perkembangan atas kesesuaian perencanaan dan realisasi pelaksanaan kegiatan maupun penganggaran, (23/07).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu, H. Sarbani menyampaikan bahwa, BKPSDM Kapuas Hulu akan melakukan revisi program dan kegiatan yang tidak sesuai dengan perencanaan sebagai bentuk peningkatan efisiensi anggaran di tahun yang akan datang. Selain itu, fokus pembahasan pada pertemuan kali ini, yaitu penegasan pada konsistensi pelaporan kinerja dan pengawasan pada perencanaan, penganggaran dan realisasi kegiatan terutama pada pelaksanaan perjalanan dinas.

Sekretaris BKSPDM Kapuas Hulu, H.M. Kusyairi menambahkan, “di samping pembahasan terkait kesesuaian antara perencanaan dengan realisasi kegiatan dan penyerapan anggaran, kita juga perlu tingkatkan pengawasan dan inspeksi kedisiplinan ke OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu hingga ke seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu”.

Hasil dari pengisian survei kuesioner Maturitas SPIP, BKPSDM Kapuas Hulu menunjukkan perkembangan yang signifikan, sebagai salah satu contoh, yaitu Pengendalian atas Pengelolaan Sistem Informasi. Pada Tahun 2018 yang lalu, keberadaan pengelolaan sistem informasi khususnya bagi BKPSDM Kapuas Hulu belum dapat dioptimalkan, namun pada Tahun 2019 BKPSDM Kapuas Hulu telah mengembangkan Pengelolaan Sistem Informasi berbasis website dan beberapa aplikasi pendukung lainnya sebagai bentuk media ataupun sarana penyebarluasan informasi baik di internal instansi BKPSDM Kapuas Hulu maupun eksternal ke instansi pemerintah lainnya.

Sekretaris BKPSDM Kapuas Hulu berpesan, “semoga dengan apa yang telah dibahas pada hari ini, dapat menjadi motivasi dan semangat kerja kita khususnya BKPSDM, agar ke depannya BKPSDM dapat menjadi instansi pemerintah yang lebih baik dan menjadi percontohan bagi OPD lainnya di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu”.