Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kedisiplinan (SIMJALIN) dan Absensi Elektronik yang diadakan diruang Aula BKPSDM pada hari Senin 29 Maret 2021. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dan dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Sekretaris BKPSDM, Perwakilan dari Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik serta Kepala Bidang Data, Disiplin dan Kesejahteraan Pegawai lalu sebagai Narasumber dalam Bimbingan Teknis ini adalah Bapak Eduardus Erick, S.T yang akan menjelaskan mengenai Absensi Elektronik dan Bapak Nanang Hariyadi, S.Kom. sebagai Narasumber SIMJALIN yang juga Developer/Pengembang Aplikasi. (29/3/21)

Kepala Bidang Data Disiplin dan Kesejahteraan Pegawai yaitu Bapak Baharudin, S.E., M.M. selaku Panitia Penyelenggara kegiatan ini membuka acara dengan menjelaskan dasar hukum atas diselenggarakannya acara serta maksud dan tujuannya. Dalam penjelasan maksud dan tujuan adalah dalam rangka untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam penerapan pemberian tambahan penghasilan bagi PNS dan CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan memanfaatkan teknologi informasi kemudian untuk meningkatkan kealitas pelayanan publik dengan pemanfaatan aplikasi agar setiap PNS maupun CPNS bisa bekerja dengan Profesional dan Proporsional lalu yang terakhir adalah sebagai pendukung meningkatkan kinerja dan kedisiplinan pegawai melalui penggunaan aplikasi dan pemanfaatan perangkat elektronik sebagai sarana alat ukur capaian suatu pekerjaan dan pengawasan serta pengendalian terhadap pegawai.

Kemudian dilanjutkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu Bapak H. Sarbani, S.E., M.A.P. yang membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Bimtek ini sangat bermanfaat dan membantu dalam memberikan kemudahan bagi seluruh perangkat daerah dalam memfasilitasi pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai melalui aplikasi dan perangkat yang mutakhir untuk mendukung pengukuran kinerja dan Kedisiplinan Pegawai. Lalu beliau berpesan kepada peserta Bimtek selaku operator Aplikasi SIMJALIN dan Absensi Elektronik di masing-masing perangkat daerah agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh agar setiap materi yang disampaikan oleh Narasumber nantinya dapat benar-benar dipahami yang berkaitan dengan pengelolaan aplikasi Simjalin dan Absensi Elektronik di Lingkungannya masing-masing. Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim” beliau membuka Bimtek Aplikasi SIMJALIN dan Absensi Elektronik.

Selanjutnya acara diserahkan kepada Narasumber pertama yaitu Bapak Eduardus Erick, S.T.  yang menjelaskan secara detil mengenai Absensi Elektronik. Setelah itu Bapak Nanang Hariyadi, S.Kom menjelaskan secara rinci aplikasi SIMJALIN serta fungsi-fungsi dari menu tersebut.

Diharapkan inovasi oleh BKPSDM melalui aplikasi SIMJALIN dan Absensi Elektronik ini mampu meningkatkan kinerja serta mempermudah dalam melaksanakan Administrasi Tambahan Penghasilan pegawai.

Leave a comment

Your email address will not be published.