Bimbingan Teknis “Teknik menyusun dan Me-Review Artikel ilmiah”

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara. Bimbingan teknis dengan tema “Teknik menyusun dan Me-Review Artikel Ilmiah” pada Senin, 12 Oktober 2020. Bimtek ini dilaksanakan oleh pusat pengkajian Manajemen ASN dengan Pembicara dari Universitas Diponegoro yaitu Bapak Dr. Hardi Warsono, M.T.P. dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kemudian narasumber dari Universitas Padjadjaran yaitu Bapak Prof. Yudi Aziz, S.E.,S.Si, S.Sos., M.T., Ph.D. yang merupakan Dekan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta yang menjadi keynote speaker pada kegiatan ini adalah Bapak Drs. Haryomo Dwi Putranto, M.Hum., beliau adalah Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian.

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka menambah serta meningkatkan  pengetahuan kompetensi Aparatur Sipil Negara mengenai mengembangkan diri dalam menulis dan melakukan review artikel ilmiah.

Peserta dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis ini secara Virtual menggunakan Aplikasi Zoom dan bertempat di Ruang Aula BKPSDM.

Kegiatan dibuka dengan pemateri yang berasal dari Universitas Diponegoro yaitu Bapak Dr. Hardi Warsono, M.T.P., beliau membuka dengan materi mengenai Tradisi Ilmiah lalu menjelaskan apa itu Jurnal ilmiah, kemudian Prinsip Pembuatan Makalah. Dalam prinsip Pembuatan makalah Bapak Dr. Hardi Warsono, M.T.P memaparkan yaitu Penulis memahami betul pertanyaan yang akan dibahas, Penulis memahami isue-isue yang berkaitan dengan pertanyaan, penulis telah merampungkan bahan bacaan dengan jumlah memadai, penulis mampu mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Kemudian beliau menjelaskan 4 tahap Penulisan yaitu : 1). Baca (review teori dan artikel sefokus) 2). Tulis. 3). Bilasan / Poles. 4). Ulangi (repeat). Dan yang terakhir menutup presentasi materinya dengan bagaimana Penilaian Makalah.

 Untuk pemateri kedua yaitu Bapak Prof. Yudi Aziz, S.E.,S.Si, S.Sos., M.T., Ph.D. Menjelaskan aspek-aspek penilaian ilmiah yaitu menguraikan pada subtansi artikel tersebut dan melakukan proses review. Kemudian dilanjutkan dengan pedoman dalam mereview artikel ilmiah yang menerangkan ruang lingkup dalam mereview artikel tersebut.

Dalam kegiatan ini banyak mengulas banyak hal mengenai teknis menyusun pembuatan artikel ilmiah sekaligus mereview artikel ilmiah. ASN dituntut bekerja dengan profesional serta selalu meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya yang dapat melahirkan inovasi kerja melalui pengembangan ide dan gagasan.

Cari berita Lain

More To Explore

Menu

Sebelum melanjutkan penelusuran website kami, mohon untuk dapat mengisi polling berikut. Terimakasih.

apakah informasi yang kami berikan membantu anda?
3889 votes · 3889 answers