Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu. Pelantikan ini merupakan tindak lanjut Peraturah Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil bahwa setiap PNS yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Peserta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Fungsional Tertentu sebanyak 34 orang.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/janji Jabatan Fungsional tertentu dilantik langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Drs. Mohd. Zaini M.M. dan dihadiri oleh beberapa Kepala Perangkat Daerah melalui perwakilannya di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa jabatan fungsional adalah kehormatan, karena tidak semua orang bisa mendapatkannya. tetapi kehormatan hakiki tidak lahir dari tampilan atau kedudukan, melainkan dari sifat, perilaku, dan kinerja dalam pekerjaan. kehormatan akan berubah jadi kehinaan jika seorang pejabat tidak melaksanakan tugas dengan baik, melakukan perbuatan tercela, atau melanggar kode etik jabatan dan kode etik pns.

Kemudian beliau mengatakan yaitu “sangat beralasan jika jabatan itu adalah amanah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan, bukan saja dari aspek administratif, tetapi juga aspek moral. pertanggungjawaban secara administratif antara lain terkait dengan catatan-catatan dan laporan pelaksanaan tugas, sedangkan pertanggungjawaban secara moral bersentuhan dengan akhlak. sifat amanah menjadi penting bagi pejabat fungsional karena pengangkatannya sangat mempertimbangkan kompetensi atau kesesuaian latar belakang pendidikan, keahlian, minat dan bakat, yang diharapkan lebih menjamin efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas. oleh karena itu, pelantikan pejabatan fungsional hari ini harus mengingatkan kembali pentingnya menjaga amanah, yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga orang lain yang menerima pelayanan”.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara pengambilan sumpah/janji jabatan fungsional tertentu disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Leave a comment

Your email address will not be published.