Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Kapuas hulu mengikuti Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Allura IV Room Grand Kemang Hotel Jakarta.

Acara ini dalam rangka peningkatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Asistensi ini dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu Wahyudi Hidayat, S.T.

Reformasi birokrasi diartikan sebagai upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Tujuan dari reformasi birokrasi adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam Asistensi tersebut Bapak Wakil Bupati mengatakan “Pembangunan Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Hulu pada tahun sebelumnya telah kami laksanakan dan kami bangun pada 13 perangkat daerah dan Tahun 2022 seluruh perangkat daerah telah dibangun RB” ungkap beliau. Kabupaten Kapuas Hulu dalam tahun ke tahun mendapat progres kenaikan dalam pembangunan Reformasi Birokrasi walaupun peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu tahun 2020 indeks sebesar 55.56 (kategori cc) dan pada tahun 2021 sebesar 56.22 (kategori cc).

Leave a comment

Your email address will not be published.