Audiensi Penerapan Sistem Merit di Lingkungan Instansi Pemerintah di Wilayah Kalbar

Share This Post

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Audiensi Penerapan Sistem Merit di Lingkungan Instansi Pemerintah di Wilayah Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Kab. Kapuas Hulu Bersama Bagian Organisasi Sekretariat Daerah pada Jumat 17 Februari 2023.

Kegiatan diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) secara daring. Kegiatan ini merupakan menjalankan amanat Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, Implementasi sistem merit dalam tata Kelola ASN menjadi bagian penting dalam upaya mencapai cita-cita reformasi birokrasi.

Maksud dan tujuan dari diadakan Audiensi Penilaian Penerapan Sistem Merit adalah untuk menjak PPK dan Pyb untuk Bersama-sama menerapkan system merit dalam manajemen ASN serta mendorong seluruh Instansi pemerintah untuk melakukan penilaian mandiri penerapan system merit melalui aplikasi SIPINTER atau di Laman sipinter.kasn.go.id kemudian untuk memotivasi lebih banyak instansi untuk berkomitmen menerapkan system merit dengan lebih baik.

Dalam materi penyampaian dari KASN menerangkan tentang aspek-aspek system merit dan gambaran idealnya antara lain ;

  • Perencanaan kebutuhan yaitu instansi mempunyai peta jabatan dan rencana kebutuhan ASN untuk 5 tahun, dilengkapi anjab dan ABK
  • Sistem Informasi dianjurkan instansi mempunyai SIMPEG online yang terintegrasi dengan system-sistem lainnya.
  • Pengadaan yang idealnya instasi mempunyai rencana tahunan pengadaan ASN, adanya kebijakan internal pengadaan ASN yang dilakukan terbuka, kompetitif, transparan dan tidak diskriminatif.

Kemudian diantara dampak penerapan system merit dalam manajemen ASN ialah meningkatnya indeks efektivitas Pemerintahan Indonesia kemudian menjegah Praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam manajemen ASN lalu bisa meningkatkan indeks Reformasi Birokrasi yang berdampak pada kepastian karir dan kompensasi/penghagaan bagi ASN.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi atau pengumuman terbaru langsung di email kamu. Isi form dibawah untuk berlangganan informasi dari kami.

Kontak Kami

Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan lebih detail, dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2023 melalui Whatsapp +62 823-5145-3415 atau email: bkpsdm@kapuashulukab.go.id

BKPSDM Kabupaten Kapuas Hulu @2023